Sunday 11 September 2011

To kill mockingbird

Penulis : haper lee

Buku ini bukan berkisah tentang memburu burung perkutut, karena jelas dari awal sampai akhir kau tak menemukan kisahnya.

Ini buku tentang seorang pengacara, yang memiliki 2 anak (jean dan jem), ia yang menjadi orang tua tunggal karena istrinya meninggal saat jean berusia 8 tahun.
Mereka tinggal di maycomb county, sebuah kota dipinggiran alabama yang disana hanya terdiri 4 jenis manusia. Begitu atticus (pengacara) itu menyebutnya. 4 jenis manusia itu adalah; orang biasa seperti mereka, lalu ada orang cuningham yang hidup di hutan, keluarga ewell yang hidup di tempat pembuangan sampah, dan orang niger (kulit hitam)
Bangsa cuningham sangat membenci ewell dan orang ewell sangat membenci niger. Bagaimana dengan Kaum niger? Hanya digambarkan sebagai orang yang merendah dan penuh ketakutan.

Apa yang kau lakukan jika ayahmu seorang pengacara yang selalu jadi bahan ejekan disekolahmu oleh teman-temanmu, lalu ayahmu juga disudutkan oleh masyarakat, hal itu karena ia sedang membantu kasus seorang niger yang mengalami memfitnahan atas tuduhan meperkosaan terhadap salah satu anak dari walter ewell. Bagaimana bisa orang yang cacat (yang hanya memiliki satu tangan kanan), bisa melakukan kekerasan, seperti mencekik, memukul , dan menyebabkan mata kiri anak gadis itu lebam. Bagaimana ia bisa melakukannya dengan satu tangan?dan secara logika lebam dimata kiri diakibatkan dipukul oleh tangan kiri(coba saja kau buktikan dengan memukul orang didepanmu). Lalu bagaimana dengan ayahnya yang sering mabuk- mabukan dan ternyata ia seorang yang kidal dan memungkinkan memukul hingga meninggalkan lebam di mata kiri. Sayangnya juri yang kala itu sebagian besar berisi orang cuningham memutuskan sesuatu diluar dugaan. Apakah itu? Kira-kira bila mengingat sejarah bahwa orang cuningham benci ewell apakah mereka akan memutuskan niger tersebut bersalah atau tidak? Baca sendiri yaa..

Dan kejadian yang tak disangka akan menyeret anak-anaknya mendapat ancaman pembunuhan, tapi dengan baik hati tetangganya secara ajaib datang menolong. Seorang tetangga yang jarang bahkan tak pernah keluar dari rumahnya datang sebagai penyelamat. Seorang tetangga yang jean dan jem anggap seorang misterius bahkah mereka menyebutnya sebagai monster. Diakhir cerita dapatkah kau memahami? Kenapa orang cuningham demikian? Kenapa ewell selalu membenci niger?

Kau tak akan pernah memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya.. Masuk menembus kulit lalu menyusup dan menjalani hidup dengan caranya -happer lee


No comments:

Post a Comment