Wednesday 4 March 2015

Moral dan Etika

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia moral memiliki pengertian sebagai berikut:
1. (ajaran tentang) baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dsb; akhlak; budi pekerti; susila
2. kondisi mental yg membuat orang tetap berani, bersemangat, bergairah, berdisiplin, dsb; isi hati atau keadaan perasaan sebagaimana terungkap dalam perbuatan

Moral (Bahasa Latin Moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Moral adalah perbuatan/tingkah laku/ucapan seseorang dalam ber interaksi dengan manusia. apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya, maka orang itu dinilai memiliki moral yang baik, begitu juga sebaliknya. Moral adalah produk dari budaya dan Agama. Setiap budaya memiliki standar moral yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku dan telah terbangun sejak lama.

contoh moral seperti: perbuatan mencuri dan membunuh adalah perbuatan yang tidak bermoral

adapun bahasan lain mengenai etika adalah ilmu tentang apa yg baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)
Etika berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu ethos dalam bentuk tunggal dan ta etha dalam bentuk jamak. Ethos memiliki banyak pengertian antara lain adat, akhlak, watak, sikap, dan lain-lain, sedang ta etha  memiliki arti adat kebiasaan

Contoh etika: mencuri itu merupakan perbuatan yang salah sesuai dengan Undang-Undang Tindak pidana.
Dalam suatu artikel disebutkan bahwa, etika dapat dibedakan antara etika perangai dan etika moral.

1.      Etika Perangai

http://assets.kompasiana.com/statics/files/1423715322411122400.jpg

Etika perangai adalah adat istiadat atau kebiasaan yang menggambaran perangai manusia dalam kehidupan bermasyarakat di aderah-daerah tertentu, pada waktu tertentu pula. Etika perangai tersebut diakui dan berlaku karena disepakati masyarakat berdasarkan hasil penilaian perilaku.
Conto etika perangai: berbusana adat, etika pergaulan muda-mudi
-         perkawinan semenda
-         upacara adat

2.      Etika Moral
Etika moral berkenaan dengan kebiasaan berperilaku yang baik dan benar berdasarkan kodrat manusia. Apabila etika ini dilanggar timbullah kejahatan, yaitu perbuatan yang tidak baik dan tidak benar. Kebiasaan ini berasal dari kodrat manusia yang disebut moral.
Contoh etika moral: berkata dan berbuat jujur, menghormati orang tua

Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa:
Moral merupakan bagian dari etika. Adapun perbedaannya yaitu: moral mengajarkan apa yang benar sedangkan etika melakukan yang kebenaran, moral mengajarkan bagaimana seharusnya hidup sedangkan etika berbuat atau bertindak sesuai dengan apa yang telah diajarkan dalam pendidikan moral. 

No comments:

Post a Comment