Wednesday 18 February 2015

Sepenggal Lagu Deddy Stanzah


Who is deddy stanzah? beliau adalah salah satu penyanyi yang popoler di era 80-an. lagu-lagunya cukup bayak disukai pada masanya (setidaknya begitulah informasi gambaran umum yang saya dapat di internet). Pada tulisan kali ini saya akan meriview salah satu lagunya yang berjudul sepercik air. topik ini memang bisa dibilang penting dan gak penting untuk di bahas. penting dibahas karena topik ini menjadi salah satu tugas yang diberikan dosen,
jadi mau gak mau, dan suka gak suka harus dibahas juga.. :)

langkah awal saya dimulai yaitu dengan mancari lagunya. tidak sulit menemukannya cukup searching di google daaaaaaaaaaaaaannn... beberapa detik kemudian muncul beberapa link. langkah selajutnya kemuadian saya mendengarkan format audionya dengan seksama. ber ulang ulang saya dengarkan dengan seksama, 

pada ulangan pertaman saya masih bingung.. bahkan sampai ulangan ke empat masih bingung apa maknanya dibalik lagu ini.. mudah-mudahan ulangan ke lima mendapat sedikit pencerahan.. ;p

Adapun lirik lagunya dari deddy stanzah adalah sebagai berikut:

Deddy Stanzah - Sepercik Air

Sepercik air berwarna bening
Nyanyian dewa dalam dentingan harpa
Dan kau langit secerah kemilau
Seakan ingin membunuh sang malam
Seakan ingin membunuh malam 

*
Dan terwujudlah, dalam khayal 
langit nan kemilau
Langit nan kemilau 
Teramat indah, Selayak langitpun merona
dalam kemesraan

**
Sepercik air berwarna bening
Gemercik nyiur mengurai rerumputan
Malam indah tiada kan datang
Mengucapkan salam bagi dunia
Mengucapkan salam dunia

kesan pertama ketika mendengarkan lagunya biasa saja. setelah diulang-ulang ternyata lagunya easy listening dan juga gak berisik di telinga.

sebenarnya saya masih belum menangkap makna dibalik lagu ini, tapi saya akan mencoba menginterpretasikannya.
menurut saya lagu ini berkisah tentang khayalan yang timbul ketika penyanyi mendengarkan percikan air. Setiap orang tentunya memiliki khayalan tersendiri ketika mendengarkan suara dari percikan air. Contohnya: ketika saya mendengar suara air maka saya akan membayangkan suatu kondisi yang damai dan manyejukkan.

Begitupun dengan penyanyi dalam lagu ini ketika dia mendengarkan suara percikan air ia terbayang sesuatu yang indah. dia menganalogikannya dengan keindahan malam. penyataan yang menggambarkan keindahan Suara gemercik air terdengar bagai dentingan harpa dewa disepadankan dengan keindahan kemilau yang menghiasi malam. 

Sedangkan di bait terakhir "sepercik air.. menguraikan reumputan" mungkin itu berarti suara air itu telah pergi atau tidak terdengar lagi sehingga keadaannya tidak indah lagi, hal itu djelaskan dalam bait berikutnya "malam indah tiada datang"

jadi? Intinya? lagu ini berkisah tentang khayalan keindahan malam yang timbul karena mendengar suara percikan air.

Sekian riview dari saya. kurang lebihnya sih seperti itu. jika ada yang mau mendengarkan lagunya bisa di download disini deddy stanzah- sepercik air

sumber:
lirik lagu : http://lirik-lagulawas.blogspot.com/2013/11/lirik-sepercik-air-deddy-stanzah.html
gambar : http://julianmarsh.com/wp-content/uploads/2014/06/music-equipment.jpg

No comments:

Post a Comment