Pernah kah kita merasa
tertarik oleh sebuah iklan yang mewarkan sebuah produk dengan menawarkan
berbagai keuntungan yang terbayang oleh kita bahwa produk tersebut memang lebih
unggul dibanding produk lain? Namun setalah kita membeli produk tersebut
ternyata apa yang dapat tidak seperti apa yang dibayangkan. Apakah hal tersebut
termasuk kedalam cheating atau Marketing strategy? Jikalau itu memang strategi
marketing berarti hal itu adalah hal yang sah-sah saja kan yah? Atau apakah
kita ternyata telah tertipu tanpa disadari?
Jika belum terbayang
mari kita ambil 2 contoh kasus
1. Kemasan Produk Mie
Instant
Sebaiknya: gambar mie
pada kemasan adalah gambar mie yang sebenarnya ketika mie tersebut memang
benar-benar disajikan dengan igridient yang didapat dari produk mie tersebut
2. Pemberian Diskon
promo dari minimarket
Saat kita membeli
produk dari minimarket tidak jarang kita mendapatkan brosure tentang
produk-produk promo. Hal itu memang sah-sah saja, tapi yang jadi
persamasalahnnya jika kita secara seksama memperhatikan diskon promo tersebut
ada ketidakjelasan. Saya pernah mendapatkan brosure dari minimarket X disana
tertera produk yang promo yang mendapatkan diskon. Diskon tersebut diantaranya beberapa
potongan harga yang bervariasi. Ada yang mendapat potongan dengan nominal Rp.
1500, Rp 2.000 dan lain sebagainya. Tapi yang anehnya harga asli dari produk
tersebut tidak dicantumkan dalam brosure, sehingga kita tidak bisa
memperkirakan berapa harga yang kita dapat setelah mendapat potongan tersebut.
Bisa sajalan kan harga aslinya memang mahal, sehingga ketika kita mendapat
potongan tetap saja harga yang kita dapat adalah harga asli
Sebaiknya: brosure
tersebut mencatumkan informasi secara lengkap
Setelah mengamati 2
contoh kasus tersebut pastinya sudah agak terbayang kan? Atau kini sudah sering
juga mengalami hal-hal yang demikian?
So? It is cheating atau
marketing strategy?
No comments:
Post a Comment